Jumat, 19 Oktober 2012

Selera ABG

Posting ini terinspirasi dari wawancara Pak Joko Widodo sebelum pelantikan kemarin. Beliau ditanya, bawa apa saja ke rumah dinas yang baru. Dan beliau bilang selain membawa kasur kesayangannya, beliau juga bawa koleksi kaset rock jaman kuliah. Izinkan saya mengutip perkataan beliau...
"Oya, saya bawa koleksi kaset rock saya jaman kuliah, ada Drim Teater, Dip Parpel, Megadet..."
Medhok banget, nganti ngguyu aku.. LOL
Jadi karena dengar beliau bilang gitu, terinspirasi buat bikin posting yang membahas band favorit waktu ABG. Bagiku lagu itu seperti parfum, ia bisa mengingatkan kita pada suatu masa yang telah lampau. Kadang kalo lagi di mobil bareng suami trus kita denger lagu jadul, kita suka saling cerita "eh ini kan lagu pas aku lagi jaman tahun pertama kuliah..." Trus akhirnya kita jadi nyanyi bareng dehh.

So, berikut beberapa lagu/band yang sering kudengerin jaman abege.

1. Incubus

My number one band of all time! Sayang aku ga liat konser mereka pas di Jakarta. Ada banyak lagu yang kusuka dari mereka. Kadang kita kalo beli album tuh yang disuka cuma satu dua lagu kan. Nah kalo albumnya Incubus itu hampir semuanya aku sukaaaa..Dan album mereka yang aku punya tuh Fungus Among Us, S.C.I.E.N.C.E., Make Yourself, sama Morning View. Aku kutip beberapa liriknya..
I'm sick of painting black and white
My pen is dry now i'm uptight
So sick of limiting myself
To fit your definition
-Redefine, Incubus

Liriknya standar lah yaa, khas abege yang gak mau dibatasin. Tapi yang aku suka itu di bagian interlude nya bass betotnya keren bangeeeeettt!! Gak bisa main bass sih, tapi kayanya susah mainnya. Somebody please show me how to do it? Suka deh dengerinnya.
To see you when I wake up
Is a gift i didn't think could be real
To know that you feel the same as I do
Is a three fold utopian dream
-I miss you, Incubus

Nah, kalo lirik yang diatas itu pernah jadi andalan buat gombalin aku dulu, LOL! Melodinya sih biasa aja, tapi artinya daleem... Jadi ingat jaman-jaman cinta monyeet, huahaha.

2. John Mayer

Nah kalo ini lagunya ngegombal semuaa.. Masih sering kudengerin sampe sekarang. Apalagi kalo lagi ujan-ujan, bikin pengen dikelonin sama suami. Punya albumnya yg Room for Squares, Any Given Thursday Live at Birmingham, sama Heavier Things. Beberapa lagu yang kusuka..
I'm staying home alone on a Friday
Flat on the floor looking back on old love
Or lack thereof
After all the crushes are faded
And all my wishful thinking was wrong
I'm jaded, I hate it
I'm tired of being alone
So hurry up and get here
-Love Song for No One, John Mayer

Dari judulnya aja udah ketauan kalo lagu ini buat jombloers yang lagi galau. Dulu sebelum ketemu misua, aku sering banget dengerin lagu ini malam-malam. Berharap ada pangeran berkuda datang dan melamar *dhiyeeng*
I just remembered that time at the market
You snuck up behind me and jumped on my shopping cart
And rolled down aisle 5
You looked behind you to smile back at me
Crashed into a rack full of magazine
They asked us if we could leave
I can't remember what went wrong last September
Though i'm sure you'd remind me if you had to
Our love was comfortable and so broken in..
-Comfortable, John Mayer

Maaakkk, ini lagunya dalem bangeeeettt. Tentang cinta pertama gitu. Kadang kita mikir cinta pertama itu cinta monyet banget, tapi selalu aja keinget sampe sekarang. And this song kinda brings me that vulnerability inside. Please do hear this song!!

3. Tak Ingin Usai, Tere

Bukan band sih, tapi penyanyi. Gak punya albumnya juga. Tapi tiap kali denger lagu ini bawaannya pengen balik ke mantan (dulu yahh!)
Dan jika masih ada tersisa
Sepotong rasa tersimpan di jiwa
Maka remukkanlah sluruh tembok angkuh jiwamu, kasihku
Tolong lenyapkan saja itu
Remukkan semua yang menghalang
Karna sesungguhnya diriku pun tak ingin usai
Tak ingin akhiri semua ini..
-Tak Ingin Usai, Tere

Lucunya lagi, dulu aku bikin lirik Inggrisnya lagu ini yang sayangnya sekarang udah lupaa. Pokoknya bagian reffrainnya ada "because beneath my heart I'm screaming loud, I don't want this to end."

4. Rage Against The Machine

Punya CD nya yang Live at The Grand Olympic Auditorium. Suka banget sama RATM gara-gara sering liat festival band di Pekanbaru dulu. Padahal sih gak ngerti juga liriknya yang kebanyakan bicarain politik. Tapi overall suka banget sama riff-riff gitarnya si Tom Morello. Mari kita liat lirik-lirik di bawah ini..
Movements come and movements go
Leaders speak, movements cease
When their heads are flown
'Cause all these punks
Got bullets in their heads
Departments of police, the judges, the feds
Networks at work, keepin' people calm
You know they went after King
When he spoke out on Vietnam
He turned the power to the have-nutts
And then came the shot
-Wake Up, Rage Against The Machine

Ini lagu konon terinspirasi dari pidatonya Martin Luther King Jr. yang judulnya How Long? Not Long. Sering banget dibawain di festival-festival band. Daaan, kalau diperhatikan lagu ini muncul di film The Matrix pas ada jamnya bunyi kalo gak salah, Wake Up gitu.
Word is born
Fight the war, f*ck the norm
Now I got no patience
So sick of complacence
With the d the e the f the i the a the n the c the e
Mind of a revolutionary
So clear the lane
The finger to the land of the chains
What? the land of the free?
Whoever told you that is your enemy?
-Know Your Enemy, Rage Against The Machine

Yang ini mempertanyakan Amerika sebagai land of freedom, tuh baca aja liriknya. Provokatif banget yaaa.. Tapi aku suka riff gitarnyaaa..

Wokayyy, sekian dulu nostalgianya.. Kalo kalian gimana? Lagu apa aja yang kalian suka waktu abege??

Regards,
Wida

3 komentar:

  1. Dulu masih ababil pas SMP.. Boyband sukaaa.. Rock Alternative Amrik hayuuuh.. Britpop doyaaaan, wahahaha.. Jadi di dinding kamar dipajang poster dan pin up BSB, Nick Carter.. Tapi kaos-kaos punya Blur, Suede, Green Day.. Wakakakak

    BalasHapus
  2. waktu SMP suka banget sama Boyzone sama Spice Girl, sampe apal rap-nya Wannabe sampe sekarang. Wah, kenapa gak sekalian kumasukin ya??

    BalasHapus
  3. Dalam memperingati Festival Poker 2019 yang akan diadakan pada bulan Februari dari tanggal 09 – 14 Februari 2019. Pokervita selaku situs poker online uang asli akan mengadakan promo menarik bagi anda semuanya yang berhasil mengumpulkan turn over dalam periode tersebut. Promo ini bernama Festival Pokervita Koin 2019. AduQ Online

    BalasHapus