Jumat, 15 Februari 2013

Kuku Patah

Beberapa hari yang lalu aku mengalami insiden yang tidak menyenangkan. Pagi hari, setelah nganter Ari ke stasiun KRL, tanganku kejepit pintu mobiiil! Huwaaaa.. Jadi ceritanya, pas aku mau keluar mobil, tiba-tiba aku dipanggil dengan posisi tangan masih megang pintu. Nah itu si pintu nutup sendiri dibantu gaya gravitasi kali ya.. Pokoknya rasanya ngejeblak sendiri gitu. Pertama-tama cuma ngerasa "Auww!" trus tanganku aku kibas-kibas aja. Nah setelah itu mertuaku negur, "Wida itu kenapa tangannya berdarah???" Dan setelah kulihat ternyata jari tengahku kukunya berdarah. Barulah habis itu terasa senut-senut.. dan ternyata seperti inilah penampakan jarikuuu... wuahahaha, ngilu gak sih liatnyaa...

yang merah di dasar itu kukunya patah

Jadi habis tau kalo kejepit langsung aku rendem di air es biar perdarahannya berhenti. Itu juga masih senut-senut rasanya. Pas dilihat, laaahh ternyata kukunya patah di dasar (jadi yang merah-merah di bawah itu ternyata pataah). Aku langsung parno sendiri kan, gimana nanti kalo tumbuhnya nusuk kuku yang bagian atas. Gimana nanti kalo jadi ungu semua trus akhirnya harus dicopot juga. AAAAARRGH, paniiicc!!

Jadilah hari itu aku, ibuku dan Kinan pergi ke rumah sakit. Emang niat ke RS sih karena jadwalnya Kinan imunisasi, jadi aku sekalian periksa. Di RS aku langsung daftar ke dokter bedah antisipasi kalo-kalo perlu dicabut. Dokternya aku BBM dulu, SKSD dikiit biar langsung dikerjain, haha.. "Pakde, jariku kejepit pintu mobil, kukuku patah.." dan bener aja dokternya yang tadinya lagi nongkrong di doctor lounge langsung datang ke poli (emang nggak ada antrian juga sih, hehehe).

Pas diliat-liat, dia mikir-mikir gitu.. "Wid, aku suntik pehacain ya! Nanti coba dilihat lagi, kalo aproksimasinya baik nggak usah dicabut. Konservatif aja.." Nah lo, itu artinya dokternya mau nyuntik untuk bius di jari tengahku! Aku nanya, "Sakit mana sama pas melahirkan, dok?" dan dokternya menjawab, sakit pas melahirkan.. Haha, dan pas disuntik itu yang aku bayangin cuma sakit pas melahirkan bukaan 7 keatas yang mulesnya ampun-ampunan. Terasa juga sih sakitnya disuntik, tapi mending lah. Rasanya panas sebentar gitu, trus abis itu baal. Kata dokter bedahnya sebenernya kalo untuk anestesi lokal lidocain lebih panas rasanya pas disuntiknya dibandingkan pehacain. Dan nggak sampai 1 menit, rasanya tebel-tebel kaya nggak punya jari tengah, cool!

Jadi setelah di lihat lagi, aproksimasi patahan kukunya bagus (baca: pinggir-pinggirnya masih nyatu dengan baik, nggak ada yang saling tumpang tindih). Aku disuruh minum obat anti radang dan anti nyeri, trus dipasang band-aid biasa untuk fiksasi kuku biar nggak gerak-gerak. Katanya tunggu aja kukunya kedorong sendiri, kalau dicabut sayang nailbed-nya (jaringan di bawah kuku) masih bagus. Alhamdulillah, dan kukuku nggak jadi dicabut *narihulahula*. Jadi aku cuma diresepin obat. Oya, kerennya itu suntik mati rasanya tahan loh sampe 4-5 jam kemudian.

Beberapa hari kemudian, bentuknya masih sama seperti ini.. Bengkaknya ilang, birunya juga udah ilang, tapi masih patah *yaiyalahh*

itu patahannya di bawah
Jadi kesimpulannya kalau kalian mengalami kejadian serupa, pertolongan pertamanya antara lain:

  • kompres es untuk mengurangi peradangan dan menghentikan perdarahan
  • kalau bisa fiksasi sementara, pake plester kek, kartu yang diselotip kek.. yang penting biar nggak banyak gerak-gerak dulu
  • segera ke dokter untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut
Okayy, semoga bermanfaat..

Regards,
Wida

Tidak ada komentar:

Posting Komentar